3 Tips Windows Memastikan Anak-Anak Tetap Aman di Dunia Digital


BacaBaca - Sebagai salah satu sistem operasi terbesar yang paling banyak digunakan di dunia, pengguna Windows terdiri dari berbagai kalangan baik dari orang dewasa hingga anak-anak. Hal inipun tak luput dari perhatian Microsoft sebagai pengembang Windows. Seperti yang telah dikatakan Mouna Sidi Hida (Pemimpin Produk dan Strategi, Audiensi Keluarga) Microsoft :
"Menggunakan pengaturan keluarga Windows 10 dan Xbox sekarang lebih mudah dari sebelumnya"
Internet merupakan tempat yang sangat dinamis karena dapat berubah setiap hari bahkan setiap detik, maka dari itu tidak ada salahnya  untuk meluangkan waktu untuk mengevaluasi penggunaan layanan digital keluarga dan memastikan semua keamanan telah berjalan sesuai pada tempatnya. 

Sebagai pimpinan produk dan strategi audiensi keluarga, Hida sering mendengar bahwa banyak orang tua yang tidak tahu bagaimana memastikan anak-anak mereka aman saat menggunakan teknologi dalam perangkat digital, baik itu hanya bermain game, menggunakan aplikasi, atau sekedar browsing dari perangkat mereka sendiri. 

Seperti yang Hida selalu gunakan untuk memproteksi anak-anaknya, kali ini dia membagikan tips-tips keamanan yang akan membantu banyak orang tua di dunia ini. 

1. Buat akun Microsoft dengan mengunjungi laman account.microsoft.com yang berguna untuk memanfaatkan semua pengaturan keluarga yang ada di semua produk Microsoft seperti Windows, Xbox, Microsoft Luncher untuk Android dan Web. Pengaturan keluarga merupakan serangkaian fitur gratis yang menjangkau perangkat dan dapat membantu pengguna mengatur keamanan untuk keluarganya diantara fitur itu adalah mengatur waktu penggunaan layar, mengatur izin pembelian game dan aplikasi, memastikan browsing yang aman, dan masih banyak lagi. 

Hida dan Tim membuat proses persetujuan untuk akun yang digunakan anak-anak lebih mudah dari sebelumnya, yaitu dengan menghilangkan kebutuhan kartu kredit untuk mengonfirmasi sebagai akun orang dewasa, dimana proses ini sering menjadi penghalang bagi keluarga dalam mengaksesnya. Mulai saat ini Xbox akan datang ke Windows, aplikasi seluler dan web dalam beberapa bulan mendatang. Prosesnya pun dibuat lebih sederhana dan efisien untuk orang tua dimana hanya membutuhkan tanda tangan elektronik untuk persetujuannya. 

2. Luangkan waktu untuk berbicara dengan anak-anak tentang harapan orang tua tentang penggunaan fasilitas digital yang baik. Walaupun sangat banyak aplikasi yang dapat digunakan untuk melacak tingkah laku anak di dunia maya, namun Hida selalu mendorong untuk para orang tua agar dapat berkomunikasi dengan anak-anaknya, dengan menyampaikan pesan tentang bagaimana baik atau buruknya internet. Hal ini mungkin akan lebih baik supaya anak dapat mengontrol hubungan mereka dengan teknologi.

3. Berikan contoh yang baik untuk anak-anak. Seperti yang kita ketahui bahwa anak merupakan cermin dari orang tua, maka baik atau buruknya seorang anak akan bergantung dengan perilaku orang tuanya. Maka cara terbaik untuk mengajari anak-anak tentang penggunaan internet yang bertanggung jawab dan bagaimana cara memproteksi diri secara online adalah dengan menunjukkan perilaku terbaik kita (orang tua) sendiri.

Mengenai informasi lanjut tentang keamanan keluarga di lingkungan Microsoft silahkan kunjungi laman microsoft.com/family

Sumber : blogs.windows.com

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Leave A Comment...