Kerupuk Basah Khas Kapuas Hulu - Kalimantan Barat, "Basah" ???

Kerupuk emang paling enak sebagai pelengkap saat makan ataupun sebagai camilan. Namun teman-teman pernah dengar yang namanya KERUPUK BASAH ??? 

Kedengarannya cukup aneh yah, kerupuk kok basah ? hehe ... Ya begitu lah sebutan orang Kapuas Hulu - Kalimantan Barat untuk panganan ini.
Bahan utama terbuat dari ikan Belidak yang diolah sedemikian lezat hingga menjadi kerupuk basah.

Note : artikel ini diprioritaskan untuk semua orang yang belum ngerti apa itu KERUPUK BASAH.




Pertama, mungkin aku jelasin dulu yah kenapa disebut kerupuk basah. Jadi, ini memang adonan untuk membuat kerupuk, karena setelah di bentuk lonjong-lonjong kemudian di iris tipis-tipis lalu di jemur dan digoreng, jadilah kerupuk seperti pada umumnya. Tapi untuk kerupuk basah, proses membuat kerupuk yang seperti biasanya berhenti sampai di pembentukan adonan menjadi lonjong-lonjong, lalu setelah itu disantap. 

Kedua, dari namanya diberi akhiran "Basah", iya emang basah karena belum sempat di jemur. Kemudian cara memakannya pun tergolong basah, karena dicelupkan di bumbu kacang supaya makin sedap. 

Untuk teman-teman yang tinggal di Kabupaten Kapuas Hulu, mungkin dengan mudah menemukan panganan ini, namun tidak untuk di Pontianak. Teman-teman bisa menemukan penjual kerupuk basah ini salah satunya di depan kantor DPRD Kota Pontianak, penjualnya menggunakan gerobak yang bertuliskan "Kerupuk Basah", dan harganya cukup terjangkau yaitu Rp 12.000,-/batang. 

2 komentar :

Reader's Comments