1001 Mangrove untuk Mempawah oleh Ormawa Amik BSI Pontianak


Morning gengs, kali ini aku mau sharing tentang salah satu kegiatan yang telah di adakan di kampusku tercinta, Amik BSI Pontianak.
Jadi di hari Minggu, 26 Maret 2017 lalu telah diadakan kegiatan yang bernama :

1001 Mangrove Untuk Mempawah

Kegiatan ini dilaksanakan oleh Ormawa (Organisasi Mahasiswa) AMIK BSI Pontianak yang bermula dari salah satu Progja Senat Mahasiswa yang bernama Go Green. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh Ormawa yang ada di kampus, yaitu Senat Mahasiswa, Mapala, HIMMI (Himpunan Mahasiswa Manajemen Informatika, dan HIMKA (Himpunan Mahasiswa Komputerisasi Akuntansi), serta para Dosen hingga Direktur AMIK BSI Pontianak, Bapak Dedi Saputra S.Pd, M.Kom pun turut hadir pada kegiatan ini. 




Sama seperti namanya, kegiatan ini diadakan di Mangrove Park Kabupaten Mempawah Kalimantan Barat, sekitar 80KM dari Kota Pontianak.
Rangkaian acara dalam kegiatan diawali dengan penanaman Pohon Mangrove (Bakau) di pesisir pantai Mempawah, kemudian Gathering antar Ormawa. Kegiatan ini bertujuan untuk menjalin keeratan tali silaturahmi antar ormawa dan sebagai wujud pengabdian kepada masyarakat dengan ikut melestarikan pohon mangrove untuk kestabilan ekosistem yang ada di pantai. 

Sebagai Alumni dari Organisasi Senat Mahasiswa, aku juga ikut dalam acara itu, tapi jujur aja tidak 100%, karena yang pertama aku diundang sebagai tamu yang tidak wajib mengikuti seluruh rangkaian acara, lalu yang kedua karena kebutuhan utama ku adalah mengambil gambar, pengalaman, dan refreshing aja. hehe

Oh iya, langsung aja aku ceritakan kegiatannya ya...

1. Persiapan Penanaman Mangrove
Pengarahan sebelum memulai acara yang pertama yaitu penanaman mangrove itu di pimpin oleh Bang Iyan selaku pengurus Mangrove Park Mempawah. Beliau mengatakan "Menanam mangrove itu susah-susah gampang, karena kalau cara menanamnya tidak benar makan akan berakibat stressnya pohon mangrove yang ditanam itu". Wah, ternyata bukan cuma manusia yah yang bisa stress, mangrove pun demikian. 

2. Berjalan menyusuri hutan mangrove

Di sini kesan pertama yang ditangkap adalah segar ! karena kami berjalan menyusuri mangrove dengan jalan yang dibuat dari kayu dan bambu secara swadaya oleh warga sekitar mangrove park. Tingginya pepohonan api-api dan mangrove membuat jalan setapak ini menjadi rindang dan adem dihati, padahal lokasi ini berada di bawah teriknya sinar mantahari. 

3. Basecamp di Rumah Mangrove

Pondok ini didirikan sebagai tempat yang disediakan untuk tamu-tamu tertentu yang sengaja datang ke Mangrove Park untuk melakukan suatu kegiatan, seperti kedatangan kami ke sini. 

4. Pengambilan bibit mangrove untuk ditanam



5. Penanaman Mangrove 


Sebelumnya mohon maaf yah kalau gambarnya kurang perfect, karena spot tanamnya yang jauh dari spot dermaga tempat aku mengambil gambar, jadinya gitu deh hasilnya. hehe
Hebat mereka nih, rela tenggelam di lumpur demi menanam Pohon Mangrove dengan berbagai resiko yang dihadapi setelah terendam lumpur. 
Tapi mereka tetap tersenyum dan bersuka cita karena perjuangannya berhasil menaklukan lumpur pantai yang pekat hanya untuk menanam Mangrove. 

6. Pemberian dan Penerimaan Piagam Penghargaan 
Penghargaan ini diberikan kepada pengurus Mangrove Park karena kerja samanya hingga kegiatan ini selesai, dan piagam penghargaan juga diberikan kepada Amik BSI Pontianak dari pengurus Mangrove Park atas apresiasinya untuk membantu melestarikan Pohon Mangrove dalam kegiatan ini. 

Hanya itu kegiatan yang kami laksanakan di Mangrove Park Mempawah, semoga pohon mangrove yang kami tanam bisa membuahkan hasil. Lalu untuk kita semua, jang lupa untuk selalu melestarikan alam, baik itu hutan mangrove ataupun yang lain diluar sana. Jangan pernah merusak alam demi kepentingan pribadi, karena alam ini titipan Tuhan yang wajib kita jaga agar kelak anak cucu kita bisa merasakan indahnya alam yang ada di Indonesia. 




Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Leave A Comment...